Selasa, 06 Desember 2016

perkembangan tamiya di indonesia

Mini 4WD sebenarnya telah dikenal sejak lama oleh masyarakat di Indonesia. Mobil mainan mini 4WD ini dikenal pertama kali dengan diputarnya film Dash Yonkuro di layar televisi pada tahun 1989. Kemuudian sejak saat itu dengan dinamika perkembangan permainan di Indonesia maka permainan mini 4WD ini berkembang dan memiliki penggemar di Indonesia.
Perkembangan permainan mini 4WD di Indonesia terlihat dengan bermunculannya banyak kelas perlombaan untuk permainan mobil mini 4WD ini oleh masyarakat Indonesia baik anak-anak maupun dewasa. Kelas yang dilombakan untuk permainan mini 4WD ini diantaran ya adalah :
  • Kelas Speed, pada kelas speed mobil diseting untuk dapat melaju dilintasan secepatnya dilintasan lurus maupun belokan selama race berlangsung.
  • Kelas Sloop, pada kelas sloop mobil mini 4WD diseting untuk dapat melintasi lintasan lurus, belokan dan rintangan dengan kecepatan cukup kencang selama race berlangsung.
  • Kelas Drag, Untuk kelas drag mobil mini 4WD diseting untuk dapat melaju secepatnya pada lintasan lurus pada jarak lintasan tertentu.
  • Kelas Handycap, pada kelas ini mobil mini 4WD diseting untuk dapat melaju secepatnya dan dapat melewati rintangan pada lintasan perlombaan.
  • Kelas STB (Standard Box), pada dasarnya untuk kelas ini melombakan kit mobil mini 4WD apa adanya dari paket pembelian kit mini 4WD tersebut.
  • Kelas STO (Standard Original), untuk kelas STO mobil mini 4WD diseting sedemikian rupa untuk dapat melaju dan melewati rintangan pada litasan dengan syarat komponen yang digunakan untuk memodifikasi mobil mini 4WD adalah produk pabrikan tertentu.
  • Kelas Standar Modif atau Standard Bebas, pada kelas ini merk kit mini 4WD dan komponen untuk memodifikasi tidak ditentukan akan tetapi bentuk modifikasi diberikan aturan tertentu dan seting mobil ditujukan untuk dapat melintasi lintasan selam race berlangsung.

Kejuaraan tamiya atau mini 4WD di Indonesia sudah ada sejak dulu, pada tahun 1994 kejuaraan mini 4WD sudah mulai bermuncullan di indonesia. Kejuaraan tamiya atau mini 4WD yang ada di Indonesia dibagi dalam beberapa kelas yaitu kelas standar kotak, kelas Standart Original (STO), kelas Standart Modifikasi, kelas Sloop, kelas Sloop Rem (Handycap), kelas Drag dan kelas Speed yang sekarang menjadi Nascar Flyover Indonesia. Pada artikel ini akan kami berikan gambaran bentuk-bentuk mobil tamiya mobil mini 4WD tesebut. Sedangkan pembahasan lebih detil untuk tiap kelasnya nantiakan di bahas dalam artikel tersendiriagar dapat lebih mudah dipahami. Berikut gambaran singkat dari kelas kejuaraan tamiya atau mini 4WD di Indonesia.

Kelas Kejuaraan Tamiya Atau Mini 4WD Di Indonesia

Berikut penjelasan singkat beberapa kelas kejuaraan tamiya yang ada di Indonesia

1. Kelas Standart Kotak

Kelas standart kotak merupakan kejuaraan tamiya yang tidak boleh dimodifikasi, pada kelas ini seluruh spart part yang digunakan merupakan komponen yang ada dalam paket pembelian mobil tamiya saja. Pada kelas ini benar-benar faktor seting dan keberuntungan yang berperan. Berikut gambar mobil tamiya untukkelas standart kotak.
Tamiya Standart Kotak, sumber : image.google.com

2. Kelas Standart Original (STO)

Pada kelas Standart Original (STO) ini mobil boleh dimodifkasi, akan tetapi komponen tamiya atau spare part yang digunakan adalah spare part pabrikan. Sebagai contoh kelas standar original ini yang pernah ada adalah kelas standart tamiya, standart audey dan standart oada. Contoh mobil tamiya untuk kelas standart original (STO) dapat dilihat pada gambar berikut.
Tamiya Standart Original (STO),tamiya STO,modifikasi tamiya STO,bentuk tamiya STO,mini 4wd STO,kelas STO,kelas Tamiya Standart Original (STO)Tamiya Standart Original (STO), sumber : image.google.com

3. Kelas Sloop

Pada kelas sloop ini mobil tamiya ini dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat melewati rintangan utama berupa sloop sebagai media jumping. Berikut gambar bentuk mobil mini 4WD untuk kelas standart sloop.
Tamiya Sloop, sumber : image.google.com

4. Kelas Sloop Rem

Pada kelas sloop rem ini mobil juga harus bisa melewati rintangan berupa sloop, akan tetapi mobil tidak boleh jumping. Pada kelas ini mobil mini 4WD dimodifikasi sedemikian rupa dan dilengkapi dengan rem pada mobil tersebut. Berikut gambar mobil mini 4WD kelas sloop rem.

Tamiya Sloop Rem, sumber : image.google.com

5. Kelas Drag

Pada kelas drag mobil mini 4WD dimodifikasi untuk bisa melju secepat mungkin pada lintasan atau track tamiya lurus saja. Pada kelas ini mobil tidak didesain untuk membelok, karena lintasan pada kelas drag hanya track lurus saja. Berikut gambar mobil mini 4WD kelas drag.
Tamiya Kelas DragTamiya Kelas Drag,sumber : image.goolgle.com

5. Kelas Speed

Pada kelas speed ini mobil tamiya atau mini 4WD di modifikasi untuk bisa melaju secepat mungkin dan dapat melewati lintasan berupa tikungan. Pada kelas ini mobil didesain untuk mendapatkan top speed dan keseimbangan sehingga dapat melaju pada track lurus maupun tikungan. Kelas speed ini berganti nama dengan istilah Nascar Flyover Indonesia. Berikut contoh tampilan mobil mini 4W pada kelas speed.

Tamiya Kelas Speed, sumber : image.google.com
Gambar-gambar diatas merupakan contoh-contoh kelas kejuaraan tamiya di Indonesia. Kelas kejuaraan mini 4WD atau tamiya di indonesia yang populer pada saat ini adalah kelas speed, sloop dan standart original (STO). Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tulisan yang sedikit tentang tamiya indonesia ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar